Foto dan Biodata Biodata Coldplay

Foto dan Biodata Biodata Coldplay, Tak terlalu berlebihan bila mengatakan bahwa Coldplay merupakan band brit pop terbesar pada dekade ini. Band yang dibesarkan oleh Chris Martin sebagai sosok vokalis sekaligus front man tersebut saat ini memiliki penggemar sangat banyak di seluruh dunia, sudah beberapa kali menggelar world tour – terakhir pada tahun 2012 hingga 2013 lalu untuk album Mylo Xyloto – yang kesemuanya sukses besar, dan tak terhitung lagi banyaknya penghargaan yang dicapai oleh band dengan aliran musik rock dan post brit pop tersebut.

Tahun 2014 ini dimulai oleh Coldplay dengan album terbaru : Ghost Story. Sejak awal tahun, penggemar sudah digoda dengan dirilisnya beberapa single seperti Atlas, Magic, Midnight. Bahkan dua single yang mereka bawakan di ajang iTunes festival, Always in My Heart dan Another’s Arm sudah merajai puncak tangga lagu duni sebelum album Ghost Story resmi dirilis.



Perjalanan karier bermusik Coldplay dimulai pada tahun 1996 silam. Kala itu, Chris Martin dan teman satu kampus di UCL Universityu College of London, Jonny Buckland diajak membentuk band bernama Pectorals dengan posisi sebagai gitaris. Sempat tampil di beberapa festival, tahun 1998 nama Coldplay resmi dipakai setelah personil bertambah dengan hadirnya Guy Berryman bergabung sebagai bassist, disusul dengan Will Champion yang menempati posisi sebagai drummer sekaligus backing vokal, dan multi instrumen. Saat itu, bahkan sang manager Phil Harvey pun sering bergabung bermain musik bersama sebagai member kelima.

Dari situ mereka mulai aktif merilis EP serta single yang merajai chart radio lokal. Nama Coldplay mulai mendunia pada tahun 2000 dengan single perdana Yellow dan album studio Parachutes. Album kedua, Rush A Blood yang dirilis tahun 2002 membawa Coldplay mulai merebut satu persatu penghargaan di ajang musik dunia. Puncak kesuksesan Coldplay tahun 2005 dengan album X&Y yang menjadi album paling ralis tahun tersebut, disusul Viva La Vida and Friends serta album Mylo Xyloto.


Foto Coldplay