Tips Perawatan Berkala Honda BeAT. Oke, kali ini Okeini akan memberikan informasi tentang Tips Cara Perawatan Berkala Honda BeAT.
Sudah
hampir selesai masa break-in yaitu penyesuaian komponen-komponen mesin
yang bergerak, harus segera ganti oli mesin, ganti oli gigi reduksi
akhir, periksa busi, kekencangan baut dan mur, lumasi kabel rem, kabel
gas dan lain-lain. Setelah ganti oli mesin ini boleh ngebut sampai top
speed deh, rem depan/belakang juga sudah boleh dibejek abis .
Weks memang sudah waktunya Perawatan Berkala ke-1 oli mesinnya sudah Hitam.
Setelah
oli mesin yang lama keluar semua nggak usah disemprot udara
bertekanan, miringkan sepedamotor sedikit ke-kiri dan kanan, pasang
kembali baut pembuangan oli, kencangkan dengan spesifikasi torsi 24 N.m
(2,4 kgf.m), kemudian isi dengan AHM Oil MPX2 khusus untuk mesin
dengan kopling terpisah (kopling kering) JASO MB olinya licin untuk
pelumasan sempurna, kalau dipakai ke mesin yang koplingnya terkena oli
ini (koplig basah) dapat mengakibatkan kopling selip.
Tidak pakai corong (alasan kebersihan) bekas aluminium tutup botol oli ini, standar samping, isi oli rekomendasi pabrik.
Berikutnya
bengkelsepedamotor hendak melumasi kabel gas, pangkal kabelnya ada
dalam penutup setang sepedamotor, mau buka bagian depannya saja, setelah
4 sekrup dibuka dan juga kedua batang spion, lho koq masih mentok ke
penutup bagian depan, yah buka saja deh daripada dipaksa-paksa
(bengkelsepedamotor tidak suka memaksa )
Lumayan
banyak sekrupnya, kalau yang masih tetap hitam adalah sekrup yang
tertanam ke bagian plastik, kalau yang ada baret putih adalah sekrup
yang tertanam ke drat plat besi, jangan ditukar walaupun panjang dan
bentuk sama tapi dratnya sudah sedikit berbeda.
Eh iya sekalian cek komstir (steering neck bearing), dan bersih-bersih bekas cipratan air yang naik sampai keatas.
Ukur celah kerenggangan busi spesifikasi 0,8 ~ 0,9mm.
Pakai
Anti-seize supaya drat lubang busi awet tidak mudah rusak, kalau tidak
ada dapat juga menggunakan oli mesin sedikit cukup pada bagian drat
saja.
Yang
ini seperti jurus kung-fu 8 penjuru mata angin, busi bekas (ring-nya
sudah gepeng) setelah masuk dengan diputar dengan tangan sampai rapat,
ditambah lagi 1/8 putaran, 90 derajat = 1/4 lingkaran, dibagi 2 lagi
jadi 1/8, posisikan tangan seperti gambar, dorong kunci sampai segaris
dengan posisi telapak tangan.
Yang
ini cuma cek saja IN dan EX 0,10mm dapat masuk, 0,15mm tidak dapat
masuk, mau disetel batas spesifikasi-nya belum tahu, masih mencari
Service Manual Honda BeAT, baru dapet punya HONDA VARIO; IN = 0,14 ~
0,18mm dan EX = 0,23 ~0,27mm. Kalau sudah ada nanti saya kasih tahu
Baut
penutup silinder head 12 N.m (1,2 Kgf.m), pastikan karet penyekat
(gasket) sudah masuk pada alurnya dan dilap kering agar tidak meleset
saat dikencangkan.