-->

BATIK


Batik adalah hasil dari proses pewarnaan kain dengan teknik seni rupa khusus pola batik dengan malam sebagai bahan pencegah berwarnanya kain saat dicelupkan pada Zat pewarna dan merupakan budaya asli Indonesia. meski dalam kenyataannya dengan beiringnya perkembangan teknologi batik dipasaran banyak sekali dijumpai hasil dari proses cetak mesin sablon, mesin cetak digital ataupun sablon manual. meski demikian batik asli yaitu batik yang dihasilkan oleh proses menggambar batik secara manual masih jauh mempunyai nilai seni yang tinggi dan jauh mempunyai konsumen yang lebih banyak.

JENIS-JENIS BATIK di produksi Daerah-daerah produsen batik diantaranya: Solo, Cirebon,  Jombang, Banten, Brebes, Pekalongan, Tasikmalaya, Kudus, Jepara, Minangkabau, Madura, Malang, tulungagung, Aceh, Kediri, Banyumas. Setiap daerah mempunyai corak batik yang berbeda-beda, masing-masing daerah punya corak khas.

PROSES PEMBUATAN BATIK
  1. Memotong bahan kain sesuai dengan ukuran kebutuhan
  2. Ambil pensil selanjutnya lukislah motif batik di bahan kain yang sudah disiapkan
  3. Pastikan anglo atau kompor sudah menyala, selanjutnya simpan lilin atau malam ke dalam wajan, dengan menggunakan api kecil yang stabil panaskanlah wajan sampai lilin atau malam mencair dengan cukup sempurna, dan birkan tetap menyala api kecil tersebut.
  4. Tulis atau lukislah kain dengan malam caranya ambil lilin atau malam sedikit dengan cantik biar tidak terlalu panas tiup-tiup sebentar lilin atau malam yang ada di canting selanjutnya tuliskan canting yang ada lilin atau malam tersebut kekain dan ikuti pola dari gambar batik yang telah dibuat dengan pensil tadi lakukan sampe semua motif yang digambar pensil tertutup lilin atau malam semuannya.
  5. Masukkan bahan pewarna kedalam ember yang berisi air aduk-aduk sampai rata
  6. Masukkan atau celupkan kain yang sudah ditulis kedalam ember yang telah diberi pewarna barusan setelah warnamerata kain diangkat
  7. Selanjutnya masukkan kain kedalam wadah yang berisi air mendidih sambil kainnya di gerak-gerakkan sampai semua lilin hilang.
  8. Selanjutnya kain sampe bersih
  9. Untuk yang terakhir jemurlah kain sampe kering dan pewarna merekat kuat
  10. untuk melihat poto jenis-jenis batik disini poto JENIS-JENIS BATIK
    untuk melihat Video tentang batik lebih banyak lagi disini video tentang batik
    Berikut Video Proses Pembuatan Batik yang diambil dari youtube.com